Saturday, March 3, 2018

REVIEW NOVEL LOVE LIKE PUZZLE: Pengkhianatan dan Sebuah Kisah Cinta Paling Rumit




Dalam setiap cerita dongeng, apabila dua manusia telah menikah maka akan selalu diakhiri dengan sebuah kalimat, “Happily forever after.” Atau bahagia selamanya. Namun kita tahu bersama bahwa hal tersebut hanya berlaku di dunia dongeng bukan di dunia nyata. Bahwa pada kenyataannya, pernikahan tak ubahnya pintu baru untuk membuat dua manusia semakin saling mencintai atau malah semakin saling menghancurkan. Setidaknya itulah yang dialami oleh Yudha dan Agni. Awalnya mereka memiliki sebuah pernikahan yang bahagia bahkan nyaris sempurna. Terbukti dari pernikahan yang sudah bertahan bertahun-tahun dan juga dikaruniai dua buah hati. Bahkan Yudha tengah berada di puncak karirnya bersama dengan pernikahan yang terlihat baik-baik saja. Sayangnya, itu hanyalah bayangan semu yang selama ini dipercayai oleh Agni.

Semuanya diawali ketika Agni yang berusaha memberikan kejutan kecil  pada suaminya ternyata diperlihatkan pemandangan yang mengiris hatinya. Pria yang selama ini begitu ia percaya dan cintai ternyata tengah main serong dengan wanita lain. Dalam sekali waktu, hati Agni hancur berkeping-keping. Apalagi dengan alasan tidak masuk akal yang dijabarkan oleh Yudha bahwa dia melakukan itu semata untuk melindungi wanita tersebut. Sebuah alasan yang membuat Agni tidak habis pikir tentang logika dan perasaan dari Yudha yang pergi entah kemana. Kini, pernikahan mereka menyisakan sebuah tanda tanya besar. Apakah masih bisa dipertahankan atau harus berhenti sampai disini saja? Jika pertanyaan itu diberikan pada Agni maka dia ingin menyelesaikan segalanya sesegera mungkin. Sakit hatinya terlampau besar untuk diredam dengan banjir kalimat maaf dari Yudha. Namun Agni juga tidak ingin menghancurkan perasaan dan psikologis kedua anaknya dengan sebuah kiamat bernama “perceraian”.

Di sisi lain, apabila pertanyaan itu diberikan kepada Yudha maka dia ingin mempertahankan pernikahan mereka berdua. Bahwa kesalahannya memang pantas mendapatkan hukuman tapi hukuman itu bukanlah sebuah perceraian. Berbagai cara dilakukan Yudha untuk bisa mendapatkan kembali hati dan juga perasaan Agni yang telah mati rasa untuknya. Cara tersebut adalah dengan mengajak Agni berlibur ke Korea. Di sana, Yudha berharap perasaan hangat yang pernah dimiliki oleh Agni akan kembali lagi kepadanya. Namun di Korealah, segala pertanyaan tersebut menemukan jawaban dengan cara yang paling tidak terduga.

Bagi saya, konflik pada novel ini sangat dewasa dan jauh dari kesan kekanak-kanakan. Bagaimana dua orang dewasa yang telah terikat dalam sebuah hubungan harus menghadapi berbagai konflik perasaan yang tidak bisa diselesaikan dengan mudah. Mereka sadar, mereka bukan lagi remaja yang apabila tidak lagi merasa cocok maka bisa saling meninggalkan satu sama lain tanpa adanya beban. Mereka berdua telah menikah dan begitu banyak ikatan yang mengsimpul mereka satu sama lain. Saling meninggalkan artinya harus ada simpul yang dilepas dengan ditarik paksa. Yang tidak mungkin bisa meninggalkan kekacauan dan luka yang lebih besar lagi. Semakin membuktikan bahwa pernikahan adalah gerbang untuk sebuah kisah cinta paling rumit yang pernah dimiliki manusia. Tentang dua orang yang memutuskan untuk bersama atau berpisah bukan hanya semata karena cinta. Namun karena banyak hal lainnya yang seringkali tidak sesederhana hitungan satu ditambah satu sama dengan dua. Pernikahan ternyata tidaklah sesederhana itu. Hebatnya adalah Kak Ratna selaku penulis mampu merangkum semua konflik rumit tersebut dalam bahasa yang sederhana dan dapat dicerna dengan mudah.


Apalagi dengan teknik story telling yang menggabungkan berbagai kejadian baik masa kini maupun masa lampau yang saling menarik satu sama lain. Betapa karakter maupun konflik cerita yang ada sekarang tak bisa dilepaskan dari masa lalu yang membentuk mereka semua. Hebatnya adalah percampuran teknik waktu itu tidak terasa membingungkan tapi malah mengasyikan. Karena kita sebagai pembaca bisa mengerti perasaan Agni yang kecewa setengah mati dan tahu keputusan yang harus diambil Yudha untuk merebut kembali perasaan Agni yang telah menggelincir dari tangannya. 

Kini, bentangan pertanyaan muncul  tentang akan kemana hubungan Agni dan Yudha? Apakah akan karam bersama dengan lautan kekecewaan ataukah mampu bertahan atas nama pengorbanan hanya bisa ditemukan jawabannya dengan membaca lanjutan babnya. Sesuatu yang membuat saya tidak sabar untuk menemukan jawabannya dengan cara yang tidak terduga. Untungnya, teman-teman termasuk saya sudah bisa membaca lanjutan babnya di Cabaca. Cabaca merupakan sebuah platform cerita yang berisi berbagai novel keren dari banyak penulis berbakat. Mulai dari  genre romance, drama, komedi maupun fantasi bisa ditemukan dengan mudah di sini. Teman-teman, cukup membuka website Cabaca.id atau mengunduh app Cabaca di Playstore untuk bisa membaca berbagai novel dari berbagai genre yang pasti menarik hati. 


No comments:

Post a Comment